Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi

Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi

Eoman –┬áKebutuhan nutrisi merupakan kunci penting dan harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Oleh karena itu, kita akan membahas salah satu dari lima jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu protein. Protein ini merupakan makronutrien yang terbentuk dari unsur karbon, nitrogen, hidrogen dan oksigen. Seperti halnya lemak dan karbohidrat, tubuh juga membutuhkan protein dalam jumlah yang banyak.

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung protein, yaitu protein nabati (protein nabati) dan protein hewani (protein hewani).

Lihat artikel berikut untuk jenis makanan tinggi protein, hewani dan nabati:

1. Daging sapi

Makanan pertama yang mengandung protein adalah daging sapi. Dalam setiap 85 ons daging sapi dengan lemak mengandung 22 gram protein dan 184 kalori. Selain memiliki kandungan protein, ada juga kandungan lain seperti vitamin B12 dan zat besi yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah anemia.

Untuk membuat daging sapi lebih sehat, Anda bisa mengolahnya menjadi sup atau bakso. Karena jika Anda merawatnya dengan benar dan mengkonsumsinya secara teratur, Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih kuat dan sehat serta terhindar dari penyakit.

Mengkonsumsi daging sapi juga dianjurkan bagi Anda yang sedang menjalani program diet, karena makanan kaya protein ini dapat mengenyangkan perut Anda lebih lama. Ini karena organ pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna daging.

2. Ayam

Ayam adalah contoh lain dari makanan yang mengandung protein. Selain bahan makanan yang paling mudah ditemukan, ternyata jenis makanan tersebut juga mengandung protein yang cukup banyak. Dalam 100 gram dada ayam fillet mengandung 150 kalori.

Tak seperti biasanya, 80% kalori pada dada ayam berasal dari protein, sedangkan 20% sisanya berasal dari lemak. Daging ayam juga mengandung bahan lain seperti kolin, selenium, dan vitamin B. Jika Anda sedang diet, pastikan memilih ayam tanpa lemak atau kulit, karena kulit ayam banyak mengandung kolesterol.

3. Ikan dan makanan laut

Makanan yang mengandung protein antara lain ikan dan kerang. Berbagai jenis ikan air asin dan air tawar diyakini tinggi protein dan omega-3. Misalnya, 20 gram salmon biasanya mengandung 100 gram protein.

Sedangkan untuk krustasea lain seperti cumi, kepiting, dan udang biasanya memiliki kandungan protein sekitar 13-21 gram protein. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat mengonsumsi ikan atau kerang lainnya, karena beberapa jenis ikan mungkin mengandung merkuri. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat membeli dan memilih ikan atau makanan laut lainnya.

4. Jamur

Makanan yang dikenal rendah kalori dan sumber serat, ternyata jamur juga mengandung berbagai senyawa antioksidan dan mineral yang penting bagi tubuh. Seperti seng, selenium, magnesium, fosfor dan kalium.

Karena kandungan nutrisi tersebut, beberapa manfaat yang bisa didapat dari jamur, mulai dari mendukung pertumbuhan sel hingga menjaga stamina hingga menjaga kesehatan jantung. Namun Anda juga harus berhati-hati karena tidak semua jenis jamur bisa dimakan. Jika ingin mencoba mengkonsumsi jamur, cobalah jamur shiitake.

5. Telur

Telur sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan berprotein tinggi. Namun tak hanya protein, telur juga mengandung mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Dengan kandungan nutrisi tersebut, telur biasa dimakan untuk mempercepat proses penyembuhan, menjaga berat badan, bahkan menjaga kesehatan jantung.

Referensi:

Berita Riau